TUGAS

REKRUTMEN TENAGA PENJUALAN

Nama         :         1. Gebby Kartika Dewi           32210964

Kelas           :         2DD03

Matakuliah :        Manajemen Penjualan #

Materi        :        Mengevaluasi Tenaga Penjualan

Dosen          :        Bpk. Herry Susanto

KATA PENGANTAR

       Dengan mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kehadirat-Nya akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik dan tepat waktu. Tugas ini adalah tugas wajib yang diberikan kepada mahasiswa Universitas Gunadarma  Jurusan D3 Manajemen Pemasaran dengan judul “REKRUTMEN TENAGA PENJUALAN”.

Tidak lupa penulis menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan makalah ini,terima kasih kepada :

  1. Yth. Bapak Herry Susanto  selaku dosen mata kuliah ManajemenPenjualan #.
  2. Orang tua yang telah memberikan dukungan dan semangat baik secara moril maipun materil.

Penulis telah berusaha menyusun Tugas dengan sebaik-baiknya ,namun penulis menyadari masih kurang dari kesempurnaan ,baik secara penyusun ,isi, maupun bahasanya ,karena keterbatasan pengetahuan ,wawasan, serta pengalaman yang dimiliki penulis. Oleh karena itu ,saran dan kritik yang bersifat membangun sangatlah di butuhkan oleh penulis.

Akhir kata ,penulis berharap tugas ini dapat bermanfaat dan berguna bagi penulis serta semua orang khususnya pembaca.Terima kasih

Bekasi,12 Mei 2012

Penulis

DAFTAR ISI

Halaman JuduL……………………………………………………..

Kata Pengantar……………………………………………………..

BAB I PENDAHULUAN …………………………………………….

1.1    Latar Belakang Masalah……………………..

1.2   Tujuan penulis ……………………………….

BAB II      LANDASAN TEORI ……………………………………

DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………….

                               Pendahuluan

 

           Latar Belakang Masalah  

Salah satu tugas perkembangan yang harus dipenuhi oleh individu yang telah

memasuki masa dewasa awal adalah bekerja. Bagi manusia, bekerja bukanlah sekedar

untuk memenuhi kebutuhan hidup tetapi juga untuk mengaktualisasikan berbagai

potensi yang dimiliki, serta mengaplikasikan pengetahuan yang telah diperoleh dari

bangku pendidikan.

Namun demikian, tidaklah selalu mudah bagi individu untuk memperoleh

pekerjaan, apalagi di tengah sulitnya keadaan ekonomi dan lesunya berbagai jenis

bisnis sekarang ini. Oleh karena itu dibutuhkan daya saing yang cukup tinggi dari

setiap lulusan pendidikan tinggi untuk dapat memperebutkan lahan pekerjaan. Salah

satu daya saing yang perlu dimiliki adalah kompetensi pribadi serta persiapan diri

yang baik dalam mengikuti proses rekrutmen dan seleksi.

–         Tujuan Penulisan

Agar mahasiswa lebih memahami mengenai proses  rekrutmen

dan seleksi serta  berbagai hal yang perlu dipersiapkan oleh calon karyawan agar

dapat berkompetisi dengan baik dalam memperoleh pekerjaan.

BAB II PEMBAHASAN

 

Definisi Proses Rekrutmen dan Seleksi 

Menurut Cascio (2003) dan Munandar (2001), proses rekrutmen adalah suatu

proses penerimaan calon tenaga kerja untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja

(lowongan pekerjaan) pada suatu unit kerja dalam suatu organisasi atau perusahaan;

sedangkan  proses seleksi adalah proses pemilihan calon tenaga kerja yang paling

memenuhi syarat untuk mengisi lowongan pekerjaan. Dengan demikian, proses

rekrutmen merupakan proses awal yang dilakukan dalam pencarian tenaga kerja,

sedangkan proses seleksi terjadi setelah ada sejumlah calon karyawan yang mendaftar

atau terdaftar melalui proses rekrutmen

Tugas seleksi adalah menilai sebanyak mungkin calon untuk memilih seorang atau

sejumlah orang (sesuai dengan jumlah orang yang diperlukan) yang paling memenuhi

persyaratan pekerjaan yang telah ditetapkan sebelumnya. Ini berarti, dalam proses

seleksi perusahaan atau organisasi akan memilih calon karyawan yang ‘diperkirakan

atau diramalkan’ akan berhasil menjalankan pekerjaannya dengan baik. Dengan kata

lain, akan memilih calon karyawan yang paling tepat untuk pekerjaan tertentu.

Tahap-tahap Proses Rekrutmen dan Seleksi 

Proses pencarian calon karyawan untuk ditempatkan dalam suatu jabatan

tertentu dalam suatu perusahaan atau organisasi, pada umumnya meliputi proses

rekrutmen (pencarian calon karyawan) serta seleksi (pemilihan calon karyawan), yang

secara terinci meliputi kegiatan di bawah ini.

1. Proses rekrutmen

– memasang iklan di berbagai media cetak, seperti koran, majalah, tabloid; atau di

radio dan televisi

– pendekatan langsung ke sekolah, universitas, lembaga-lembaga pendidikan

kejuruan atau pusat-pusat kursus

– para karyawannya sendiri yang akan mengajukan kenalan atau anggota

keluarganya yang dapat mereka jamin ‘kebaikan’ kerjanya

– pencari kerja melamar sendiri di perusahaan-perusahaan.

2. Seleksi calon karyawan 

– seleksi surat-surat lamaran

– wawancara awal

– ujian, psikotes, wawancara

– penilaian akhir

– pemberitahuan dan wawancara akhir

– penerimaan

Dalam setiap tahap seleksi ini, ada calon karyawan yang ditolak sehingga tidak

dapat mengikuti tahap seleksi berikutnya.

Sumber : http://staff.ui.ac.id/internal/131998622/material/RekrutmendanSeleksi-Immanta-Liche.pdf